SAPA : Anggota DPRD Kabupaten Gumas Iceu Purnamasari (batik kuning hitam), menyapa ibu dan bayi yang mengikuti posyandu akbar, di Taman Kota Kuala Kurun, belum lama ini.

KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Iceu Purnamasari mengajak dan mendorong pihak terkait, agar membuat pos pelayanan terpadu (posyandu) lebih kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kunjungan.

”Kami ingin para kader posyandu lebih kreatif dalam pelayanan, sehingga mampu menarik minat para orang tua agar mau memeriksa perkembangan anak-anaknya ke posyandu,” ucap Iceu, Selasa (6/12).

Legislator dari daerah pemilihan (dapil) I mencakup Kecamatan Kurun, Mihing Raya, dan Sepang ini mengakui, salah satu contoh kreativitas yang bisa dilakukan oleh para kader posyandu dengan menyisipkan berbagai informasi menarik yang dibutuhkan oleh orangtua terkait tumbuh kembang anak.

”Contohnya, kader posyandu memberikan informasi dan pelatihan cara mengolah makanan sehat, enak dan menarik untuk anak, sehingga orang tua tuida hanya datang memeriksakan anak mereka, tetapi juga mendapat ilmu baru,” ujarnya.

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini berharap, semakin banyak orang tua yang mengajak anaknya memeriksakan tumbuh kembang ke posyandu, maka stunting dapat dicegah sejak dini.

”Peran kader posyandu dan pihak terkait lain juga penting dalam meningkatkan kunjungan orang tua ke posyandu untuk mencegah stunting, khususnya di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gumas Arnold mengatakan, memang kunjungan datang ke posyandu sempat menurun akibat pandemi Covid-19, dikarenakan harus menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal ini juga yang menjadi kendala.

”Ketika pandemi Covid-19, layanan posyandu tetap dilakukan petugas, dengan datang langsung mengunjungi rumah warga, serta strategi lain yang merupakan hasil dari inovasi dan kreativitas petugas, sehingga menarik daya tarik orang tua bersama anak datang ke posyandu,” tandasnya. (admin)